Cara Daftar Akun Investor Ekuid Melalui Website

4 min read

Daftar Akun Ekuid

Hal pertama yang harus Anda harus lakukan jika ingin memulai investasi di Platform Securities Crowdfunding Ekuid adalah dengan memiliki akun Ekuid. Di platform Ekuid sendiri, proses daftar akun dibagi menjadi dua tahapan. Tahap pertama adalah mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan akun Ekuid. Kemudian, tahap kedua adalah proses KYC (Know Your Customer) yang akan digunakan untuk pembuatan SRE (Sub Rekening Efek).

Jika Anda masih bingung mengenai apa itu Securities Crowdfunding, Anda bisa juga membaca artikel berikut.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai cara daftar akun investor di platform Ekuid silakan cek tahap-tahap berikut:

Pilih platform yang cocok untuk Anda (Website/Apps)

Ekuid memiliki 2 platform yang bisa Anda gunakan untuk memulai investasi Anda. Yang pertama adalah platform website dan yang kedua adalah Ekuid App yang telah tersedia Android maupun iOS. Untuk website sendiri, Anda tinggal mengakses eku.id melalui desktop PC, laptop ataupun browser yang ada di handphone Anda.

daftar akun Ekuid melalui Website

Sedangkan untuk aplikasi Ekuid, Anda dapat mendownload aplikasi Ekuid di Google Playstore ataupun Apple App Store. Kemudian Anda bisa mencari aplikasi Ekuid melalui search field yang ada di masing-masing app store dengan mengetik kata kunci Ekuid dan kemudian mendownload aplikasi tersebut.

Siapkan Dokumen-Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk dokumen yang dibutuhkan, Anda hanya perlu menyiapkan KTP saja. KTP tersebut akan dibutuhkan pada saat proses pendaftaran SRE (Sub Rekening Efek). Pendaftaran SRE sendiri adalah tahap yang wajib dilalui bagi semua investor yang akan melakukan Investasi di platfform urun dana/securities crowdfunding. Hal tersebut tercatat pada Peraturan Bapepam No. III.C.7 tentang Sub Rekening Efek Pada Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai apa itu SRE, kita akan bahas di artikel berbeda.

Daftar Akun Melalui Website Ekuid

1. Buka Website Ekuid

Pertama-tama, Anda harus bisa membuka website resmi Ekuid di www.eku.id. Lalu, Anda bisa klik button Daftar yang ada di pojok kiri atas.

2. Daftar Akun Ekuid

Di tahap ini, Anda akan diminta mengisi sejumlah data untuk membuat akun Ekuid terlebih dahulu. Silakan isi dengan data yang sesuai. Ekuid hanya akan menyediakan satu akun untuk satu email/nomor telepon.

3. Masukkan Kode OTP

Ekuid akan mengirimkan 6 angka kode OTP ke nomor telepon Anda. Kode OTP yang dikirim hanya akan aktif selama satu menit. Sehingga Anda harus segera memasukkan kode tersebut. Untuk catatan, kode OTP hanya bisa diminta maksimal tiga kali dalam satu jam.

4. Konfirmasi Syarat dan Ketentuan

Ini adalah tahap terakhir untuk proses daftar akun Ekuid. Anda telah resmi terdaftar dan memiliki akun Ekuid. Namun Anda belum bisa melakukan Investasi di platform Ekuid karena Anda masih harus menyelesaikan tahap selanjutnya yaitu pendaftaran SRE (Sub Rekening Efek) atau yang biasa disebut proses KYC (Know Your Customer).

5. Lanjutkan Proses Daftar Akun SRE (Sub Rekekning Efek) Anda

Pendaftaran akun SRE ini bersifat wajib karena Sub Rekening Efek membantu Pemegang Rekening/Invesor dalam menyelenggarakan administrasi Efek nasabah yang disimpan di KSEI dengan mengacu kepada prinsip pemisahan pencatatan aset nasabah sesuai ketentuan peraturan yang berlaku di pasar modal. Sub Rekening Efek juga akan menjamin keterbukaan sistem pembukuan Pemegang Rekening di KSEI sehingga diharapkan dapat lebih memberikan proteksi kepada investor atas investasi yang mereka lakukan.

6. Pilih Jenis Investor

Setelah Anda menekan button Lanjutkan Pendaftaran, Anda akan diminta memilih jenis investor yang akan Anda gunakan di Ekuid. Investor Individu digunakan oleh investor perorangan yang tidak mewakili sebuah instansi ataupun perusahaan. Sedangkan untuk investor institusi adalah akun yang dimiliki oleh perusahaan atau instansi tertentu dimana akan diwakilkan oleh seseorang yang berasal dari instansi tersebut.

Untuk persyaratannya pun, dari kedua jenis investor tersebut akan berbeda. Dimana Investor Institusi akan membutuhkan lebih banyak dokumen sebagi persyaratan. Misalnya nomor SIUP, nomor Induk Berusaha (NIB), nomor NPWP perusahaan dan beberapa dokumen lainnya.

Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai proses daftar akun untuk Investor Individu, jadi jika Anda tidak mewakili sebuah instansi ataupun sebuah perusahaan. Maka Anda tinggal klik Investor Individu untuk melanjutkan proses daftar akun Ekuid Anda.

7. Upload KTP

Tahap berikutnya adalah mengupload foto KTP dari calon Investor. Foto KTP yang diambil tidak boleh blur, rusak ataupun tertutup jari. Selain itu, bagi KTP yang masih memiliki masa aktif tidak diperkenankan untuk menggunakan foto KTP yang telah habis masa aktifnya. Syarat yang ketiga adalah foto KTP tidak boleh berupa fotokopi ataupun KTP hitam putih. Karena pada proses pendaftaran SRE ini yang terpenting adalah kejelasan dari data calon Investor untuk diverifikasi.

8. Upload Foto Selfie

Selanjutnya, Anda harus mengupload foto selfie Anda. Syarat-syarat dalam pengambilan foto selfie adalah foto selfie TANPA menggunakan KTP, foto harus terlihat jelas dan tidak boleh blur. Tidak boleh menggunakan penutup wajah seperti masker, kacamata ataupun topi dikarenakan akan otomatis pendaftaran akun akan ditolak. Untuk syarat yang terakhir adalah foto harus dalam posisi portrait.

9. Konfirmasi Data KTP

Proses selanjutnya adalah mengisi data diri sesuai dengan KTP yang dimiliki investor saat ini. Pengisian data harus benar-benar sesuai karena ke depannya data ini yang akan dicek keaslian datanya oleh Ekuid.

10. Informasi Domisili

Setelah informasi data diri KTP diisi, selanjutnya Anda diminta untuk mengisi informasi domisili saat ini. Jika Anda berdomisili sama dengan KTP maka Anda tinggal menekan tanda centang Alamat Domisili Sesuai dengan KTP sehingga Anda tidak perlu mengisi satu per satu form yang tersedia.

11. Latar Belakang Investasi

Langkah selanjutnya adalah mengisi latar belakang investasi. Di tahap ini Anda akan diminta untuk mengisi beberapa form terkait alasan Anda ingin berinvestasi di platform Securities Crowdfunding Ekuid. Setelah Anda selesai mengisi form yang tersedia, silakan menekan button selanjutnya.

12. Rekening Bank Investor

Tahapan terakhir untuk melakukan proses daftar akun investor Ekuid adalah memasukan rekening bank yang Anda akan gunakan di platform Ekuid. Rekening yang Anda daftarkan harus melalui verifikasi terlebih dahulu, hal tersebut berguna untuk menghindari kesalahan dalam pembagian imbal hasil efek. Baik itu berupa utang, pokok, ataupun dividen.

13. Menyetujui Syarat dan Ketentuan Daftar Akun SRE

Setelah semua form terisi, maka Anda wajib membaca semua syarat dan ketentuan yang tertera pada pop up. Kemudian Anda tinggal menekan button daftar untuk selanjutnya kami akan memeriksa apakah ada form yang belum terisi. Jika semua form telah terisi dengan benar maka Anda akan langsung dibawa menuju tampilan layar berikutnya yang berisi pendaftaran Anda sedang dalam proses Verifikasi.

14. Pendaftaran Selesai dan Menunggu Verifikasi dari Ekuid

Jika Anda telah mendapatkan tampilan layar ini, maka Anda telah berhasil menyelesaikan semua proses daftar akun investor di platform Ekuid. Hal yang Anda perlu lakukan adalah menunggu maksimal 2×24 jam di hari kerja untuk bisa melakukan investasi. Hal tersebut dikarenakan pendaftaran Anda akan kami verifikasi terlebih dahulu. Proses verifikasi ini diperlukan untuk melihat apakah data yang Anda gunakan untuk mendaftarkan akun investor di Ekuid menang sudah benar-benar sesuai.

Jika Ada beberapa adata yang perlu disesuaikan, maka kami juga akan memberitahukan setelah proses verifikasi selesai.

Mulai Investasi Anda pada Proyek-Proyek Menarik yang Tersedia

Jika akun Anda berhasil di verifikasi oleh tim Ekuid, maka akun Anda telah siap melakukan investasi. Yang perlu Anda lakukan adalah melihat apakah ada proyek menarik yang tersedia kemudian melihat detail dari proyek yang ditawarkan. Anda juga bisa melakukan simulasi investasi pada proyek yang tersedia guna melihat potensi keuntungan yang Anda akan dapatkan jika berinvestasi di proyek tersebut.

Jika Anda tertarik untuk memulai berinvestasi di Platform Securitites Crowdfunding Ekuid, Anda bisa mulai mendaftarkan diri Anda disini. Atau jika Anda adalah investor yang telah terverifikasi di Ekuid maka Anda bisa melihat proyek-proyek menarik yang tersedia di Ekuid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *