Cara Investasi di Securities Crowdfunding: Panduan Lengkap Untuk Pemula

2 min read

Investasi di platform urun dana Securities Crowdfunding memang bisa dibilang adalah hal baru di Indonesia. Masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu Securities Crowdfunding dan bagaimana cara untuk memulai investasi di platform tersebut. Berikut adalah tahap-tahap yang bisa Anda gunakan untuk memulai Investasi di Securities Crowdfunding:

Berikut penjelasan detail mengenai cara investasi di platform urun dana securities crowd funding:

Pilih Platform Securities Crowdfunding yang Terpercaya

Saat ini sudah mulai banyak perusahaan fintech yang menjadi platform investasi urun dana securities crowdfunding. Jika Anda tidak berhati-hati, maka ada kemungkinan Anda akan berinvestasi di platform yang salah. Akhirnya bukannya mendapatkan keuntungan, tapi malah Anda akan kehilangan aset yang berharga bagi Anda. Untuk mencegah hal buruk tersebut terjadi, berikut hal-hal apa saja yang Anda perlu perhatikan sebelum Anda mempercayakan uang Anda kepada platform investasi urun dana securities crowdfunding yang ada: 

Platform Securities Crowdfunding Harus Berizin dan Diawasi Oleh OJK 

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah lembaga yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. Maka wajib hukumnya untuk perusahaan fintech memiliki Izin resmi dari OJK. Hal tersebut diatur dalam Peraturan OJK atau POJK nomor 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi (Securities Crowdfunding). Hingga saat ini, hanya ada beberapa perusahaan fintech yang sudah mengantongi izin resmi dari OJK untuk bisa menjadi penyelenggara layanan urun dana/securities crowdfunding, dan salah satunya adalah Ekuid.

Ekuid Sebagai salah satu perusahaan fintech yang menjadi platform penyelenggara layanan urun dana/securities crowdfunding, telah mendapatkan izin resmi dari OJK sejak tanggal 9 Februari 2022. Izin tersebut diterbitkan dengan nomor surat tanda berizin: KEP-11/D.04/2022. Hal tersebut menjadikan Ekuid sebagai salah satu perusahaan penyelenggara urun dana yang aman dan dapat Anda percaya. 

ISO 27001:2013

Selain memiliki izin resmi dari OJK, hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menjadi investor di platform SCF adalah IS0 27001. ISO 27001:2013 sendiri adalah bentuk standarisasi manajemen keamanan informasi. ISO 27001:2013 adalah sebuah dokumen standar  Sistem Manajemen Keamanan Informasi  (SMKI) atau Information Security Management System (ISMS) yang  memberikan gambaran secara umum mengenai apa saja yang harus  dilakukan oleh sebuah organisasi atau enterprise dalam usaha rangka  mengimplementasikan konsep konsep keamanan informasi. 

ISO 27001:2013 biasanya akan dilakukan oleh lembaga yang sudah terpercaya Seperti SGS Indonesia. Untuk mendapatkan sertifikasi ISO 27001:2013, perusahaan fintech akan menjalani beberapa verifikasi yang dilakukan secara langsung dengan acuan-acuan yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Member ALUDI

Poin selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memulai investasi di platform Securities Crowdfunding adalah melihat apakah perusahaan fintech yang menjadi penyelenggara urun dana tersebut adalah member dari ALUDI. ALUDI (Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia) adalah Asosiasi yang dibentuk untuk menaungi perusahaan fintech yang menjadi penyelenggara layanan urun dana. ALUDI sendiri didirikan pada bulan juli 2020. ALUDI didirikan dengan dengan tujuan membangun, memperkuat dan menjaga ekosistem industri layanan urun dana yang saat ini sedang berkembang di Indonesia dengan memberikan advokasi, informasi, konsultasi dan menjalankan fungsi pengawasan terhadap ekosistem industri layanan urun dana di Indonesia. 

Dengan adanya ALUDI, Anda akan lebih mudah memilih dan memilah kepada siapa Anda akan berinvestasi. ALUDI telah menyediakan informasi perusahaan-perusahaan fintech mana yang terdaftar sebagai member ALUDI di website mereka. Selain daftar anggota, Anda juga bisa melihat perusahaan mana yang telah mengantongi izin resmi OKJ dan perusahaan mana yang masih sedang dalam proses pengajuan izin. 

Terdaftar PSE Kominfo

Untuk melihat apakah perusahaan fintech yang akan Anda gunakan sebagai platform investasi aman dan terpercaya adalah dengan melihat apakah perusahaan tersebut telah mendapatkan izin sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik oleh KOMINFO. PSE KOMINFO bermanfaat untuk menjamin adanya pendataan dan menjaga keamanan ruang digital. 

Pilih Industri yang Anda Kenal

Mengetahui industri dari penerbit yang akan Anda danai bisa membantu Anda untuk lebih mudah memulai investasi di securities crowdfunding.

Lakukan Riset dan Analisis Terhadap Penerbit yang Menarik untuk Anda

Melakukan riset adalah hal yang wajib Anda lakukan sebelum melakukan Investasi. Jika dalam Investasi Saham ada yang namanya riset dan analisis fundamental serta analisis teknikal, maka pada Securities Crowdfunding ada yang namanya riset penerbit

Pilih Penerbit Dengan Manajemen yang Baik

Perhatikan Kinerja Penerbit

Tentukan Jumlah Investasi yang Akan Dilakukan

Lakukan Analisis Risiko dan Keuntungan Investasi

Lakukan Diversifikasi Investasi

Selalu Berkomunikasi dengan Platform Securities Crowdfunding

Terus Belajar dan Memperbaharui Pengetahuan

Kesimpulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *