Cara Mudah Investasi Efek Utang di Ekuid

2 min read

Cara Mdah Ivnestasi

Apakah Anda ingin mengoptimalkan investasi Anda dengan mencari peluang yang aman namun menguntungkan? Salah satu pilihan yang layak untuk dipertimbangkan adalah investasi efek utang di Ekuid. Efek utang adalah instrumen keuangan yang memberikan Investornya klaim terhadap pembayaran bunga dan pokok utang dari pemilik proyek atau yang biasa disebut sebagai Penerbit. Ekuid, yang merupakan platform Securities Crowdfunding di Indonesia yang berfokus pada pengembangan industri kreatif & sustainability, menawarkan berbagai efek utang yang menjadikannya alternatif menarik bagi investor. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap untuk pemula mengenai cara mudah investasi efek utang di Ekuid. Kami akan menjelaskan mengenai langkah-langkah praktis untuk memulai investasi Anda.

Masuk ke Akun Ekuid Anda

Untuk memulai investasi Anda, buka aplikasi Ekuid dan masuk ke akun Anda.

Cara Mudah Investasi
Masuk ke Akun Ekuid

Pastikan e-mail dan password yang Anda masukkan sudah benar. Jika Anda belum memiliki akun Ekuid, maka Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Daftar Akun Ekuid

Untuk mendaftarkan diri Anda di Ekuid, Anda perlu mempersiapkan dokumen seperti KTP dan juga foto diri Anda (selfie). Panduan lengkap proses pendaftaran akun Ekuid melalui website dapat dilihat di tautan berikut.

Pilih Proyek Efek Utang

Pilih Proyek

Pada platform Ekuid, terdapat pilihan proyek di Efek Saham dan Efek Utang. Pilihlah proyek Efek Utang yang sesuai dengan preferensi investasi Anda.

Pelajari Detail Proyek & Proposal Bisnis

Di dalam Detail Proyek, terdapat berbagai informasi yang dapat Anda pelajari untuk mengenal lebih dalam mengenai proyek yang akan Anda danai.

Informasi Finansial

Pada bagian ini, Anda dapat melihat berbagai aspek finansial dari sebuah proyek. Informasi yang diberikan cukup krusial untuk menjadi penentu Anda dalam mengambil keputusan untuk mendanai proyek. Informasi seperti target pendanaan, berapa dana yang sudah terkumpul, masa penawaran, suku bunga per tahun, periode pengembalian pokok serta pembagian bunga, tenor, nominal investasi terdapat pada bagian ini. Selain itu, terdapat pula informasi mengenai status dari sebuah proyek.

Terdapat pula fitur Simulasi Investasi, yang dapat memberikan Anda gambaran mengenai keuntungan yang akan Anda dapatkan dari proyek tersebut.

Informasi Finansial

Proposal Bisnis

Proposal bisnis merupakan gabungan antara profil perusahaan dan laporan tahunan yang memberikan gambaran mengenai proyek yang sedang ditawarkan. Di dalam Proposal Bisnis, terdapat informasi penting mengenai proyek seperti Ikhtisar Investasi, Tentang Penerbit, Informasi Kebutuhan Penggunaan Dana, Ikhtisar Keuangan, Skema Efek Bersifat Utang, Analisis Resiko, serta Jaminan dan Wanprestasi. Jadi, pastikan Anda memahami Proposal Bisnis terlebih dahulu sebelum Anda memastikan untuk berinvestasi pada suatu proyek.

Contoh Proposal Bisnis

Mulai Investasi

Jika Anda sudah yakin untuk berinvestasi pada sebuah proyek, Anda dapat langsung melakukan investasi dengan menekan tombol Mulai Investasi. Setelah itu, Anda harus memasukkan nominal investasi yang sudah sesuai dengan minimum investasi pada suatu proyek.

Pembelian Proyek

Pilih Metode Pembayaran & Promo

Setelah itu, Anda harus memilih metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi Anda. Saat ini, tersedia pembayaran melalui Virtual Account Bank Mandiri, Virtual Account BRI, Virtual Account BNI, Virtual Account Bank Permata, dan Virtual Account BCA.

Metode Pembayaran

Anda juga dapat memasukkan kode promo yang tersedia. Untuk kode promo di Bulan Mei dapat Anda lihat pada tautan berikut.

Selesaikan Pembayaran

Selanjutnya untuk bisa melakukan investasi efek utang di Ekuid, hal yang perlu Anda lakukan adalah membayar transaksi investasi Anda. Jika Anda memilih pembayaran melalui VA, harap dipastikan nomor VA dan nominal sudah sesuai saat Anda melakukan transaksi melalui channel pembayaran yang Anda gunakan. Harap perhatikan masa pembayaran yang tertera pada halaman Konfirmasi Pembayaran.

Anda juga dapat melihat informasi lengkap mengenai detail pembayaran Anda di halaman Transaksi.

Jika Anda sudah melakukan serangkaian panduan cara mudah investasi efek utang di Ekuid di atas, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa bunga yang akan dibagikan sesuai dengan periode pembagian bunga di tiap proyek. Anda bisa terus memantau proyek yang tersedia di Ekuid melalui tautan berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *