Yuk Pahami Berbagai Jenis Return on Investment (ROI) dalam Securities Crowdfunding (SCF)

2 min read

Memahami Jenis Return on Investment Pada Instrumen Securities Crowdfunding

Return on Investment atau ROI menjadi salah satu pertimbangan penting saat kita akan mulai berinvestasi. Securities Crowdfunding (SCF) merupakan skema investasi yang memiliki beberapa jenis efek sehingga jenis ROI SCF memiliki jenis yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebelum terjun ke instrumen ini pemahaman mendalam tentang jenis-jenis return dalam SCF menjadi krusial. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang jenis return SCF mulai dari capital gain, dividen, dan bunga yang dapat diperoleh investor dalam skema investasi ini.


Skema Investasi Securities Crowdfunding

Sebelum masuk ke dalam jenis return crowdfunding, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu securities crowdfunding. Securities Crowdfunding (SCF) adalah suatu skema investasi di mana sejumlah dana dikumpulkan dari banyak investor untuk mendanai proyek atau bisnis tertentu melalui platform digital. Dalam konteks ini, investor memperoleh return berdasarkan jenis efek yang ditawarkan oleh penerbit/ pihak yang membutuhkan dana.

Return on Investment atau imbal hasil dalam konteks SCF adalah hasil yang diperoleh investor dari investasi atau pendanaan yang mereka lakukan. Memahami bagaimana return dihasilkan akan membantu investor mengelola ekspektasi dan membuat keputusan investasi yang lebih baik.

Beragam Jenis Return dalam Securities Crowdfunding

Sebelum meninjau jenis-jenis return secara spesifik, penting bagi investor untuk memahami mengapa pemahaman ini sangat krusial. Jenis return yang dipilih dapat sangat memengaruhi tingkat risiko dan potensi keuntungan investasi. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam akan memberikan landasan yang kokoh bagi setiap keputusan investasi.

Berikut beberapa jenis return crowdfunding yang penting anda pahami saat berinvestasi ke dalam SCF:

  • Capital Gain

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari kenaikan harga saham. Ketika investor membeli aset dalam skema SCF dan harganya meningkat, selisih antara harga beli dan harga jualnya menjadi keuntungan bagi investor. Ini adalah jenis return yang umum terjadi dalam investasi sekuritas.

Contohnya, Perusahaan A – Capital Gain: Pada tahun lalu, Perusahaan A mengalami pertumbuhan signifikan dalam nilai sahamnya setelah berhasil meluncurkan produk revolusioner. Investor yang berpartisipasi dalam kampanye crowdfunding mereka mendapatkan capital gain yang substansial ketika harga saham melonjak.

  • Dividen

Dividen

adalah jenis return yang diperoleh dari kepemilikan saham di suatu bisnis atau projek yang telah didanai oleh investor. Dalam securities crowdfunding, dividen dibagikan kepada pemegang saham tergantung bagaimana performa dari bisnis atau projek yang didanai oleh investor.
Oleh sebab itu, dividen dalam SCF bergantung kepada besar keuntungan yang dihasilkan projek yang didanai oleh investor.

Contohnya, Perusahaan B – Dividen: Perusahaan B, setelah mencapai target penjualan yang tinggi, memutuskan untuk membagikan dividen kepada pemegang sahamnya. Investor dalam kampanye crowdfunding mereka merasakan keuntungan langsung dari keberhasilan bisnis tersebut.

  • Bunga (Interest)

Bunga adalah keuntungan yang diperoleh dari kepemilikan surat utang (obligasi) atau sukuk. Dalam SCF, investor yang berpartisipasi dalam pembiayaan proyek dengan obligasi atau sukuk dapat menerima pembayaran bunga dengan nilai dan waktu yang telah ditentukan pada awal penawaran efek di platform securities crowdfunding.

Contohnya, Proyek C – Bunga: Sebuah proyek properti yang didanai melalui SCF berhasil menyelesaikan pembangunan tepat waktu. Investor yang berpartisipasi dengan memegang obligasi proyek menerima pembayaran bunga sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan.

Menentukan Return SCF yang Sesuai

Karena ROI dalam securities crowdfunding memiliki jenis yang berbeda, maka setiap investor harus memilih instrumen yang sesuai dengan rencana keuangan mereka. Oleh sebab itu, berikut beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan untuk menentukan return yang sesuai:

  • Pahami Profil Risiko Anda: Mengetahui seberapa besar risiko yang dapat Anda tanggung akan membantu Anda memilih jenis return yang sesuai dengan toleransi risiko Anda.
  • Lakukan Riset Terperinci: Teliti setiap jenis return dan peluang investasi yang sesuai dengan tujuan Anda. Jangan ragu untuk mencari informasi tambahan atau konsultasi dengan ahli keuangan.
  • Diversifikasi Portofolio: Sebisa mungkin, diversifikasikan investasi Anda di berbagai jenis return untuk mengurangi risiko.
  • Pahami Kondisi Pasar: Keberhasilan investasi SCF juga tergantung pada kondisi pasar umumnya. Pahami tren pasar dan dampaknya terhadap proyek atau perusahaan yang Anda pilih.

Temukan Projek Terbaik untuk Diversifikasi Portofolio Anda

Pelajari lebih lanjut tentang securities crowdfunding dan jenis-jenis return yang dapat diperoleh di EKUID. Dengan pemahaman yang mendalam, Anda dapat merencanakan investasi SCF yang lebih cerdas.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *