Mengenal ST012 Sebagai Aset untuk Portofolio Anda

1 min read

Mengenal Instrumen ST012

Minat investor ritel terhadap sukuk Tabungan Seri ST012 terus meningkat, seiring dengan keputusan Bank Indonesia yang menahan suku bunga acuan atau BI Rate di level 6,25% pada Mei 2024. Hingga Jumat, 24 Mei 2024, penjualan ST012 telah mencapai sekitar Rp 15,30 triliun, menunjukkan antusiasme yang kuat dari investor terhadap instrumen ini.


Peningkatan Kuota ST012

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan merespons tingginya permintaan dengan menambah kuota penerbitan ST012. Awalnya, kuota penerbitan ditetapkan sebesar Rp 10 triliun, namun kemudian ditingkatkan menjadi Rp 16 triliun. Hingga saat ini, kuota ST012 yang tersisa sekitar Rp 700 milyar, dengan masa penawaran yang berlangsung sejak 26 April hingga 29 Mei 2024.

Daya Tarik ST012 di Mata Investor

Menurut Josua Pardede, Kepala Ekonom Bank Permata, tingkat kupon ST012 masih sangat menarik bagi investor, terutama mereka yang mencari aset yang relatif terjaga dari volatilitas pasar keuangan. Hal ini menjadi salah satu alasan kuat mengapa sukuk ini banyak diminati oleh investor ritel. Josua menambahkan bahwa ST012 merupakan aset defensif yang ideal karena sifatnya yang non-tradeable, sehingga permintaan terhadap seri ini sangat bergantung pada kondisi kupon dan pendapatan masyarakat.

Pilihan Kupon yang Menarik

Pemerintah meluncurkan ST012 dalam dua seri, yaitu ST012-T2 (tenor 2 tahun) dengan kupon 6,40% dan Green Sukuk Ritel ST012-T4 (tenor 4 tahun) dengan kupon tertinggi 6,55% per tahun. Data dari mitra distribusi PT. Bibit Tumbuh Bersama menunjukkan bahwa ST012 laris manis diborong investor, dengan total penjualan mencapai Rp 15,30 triliun dari kedua seri tersebut.

ST012 Sebagai Pilihan Instrumen Investasi

Seri ST012 telah membuktikan dirinya sebagai pilihan investasi yang stabil dan defensif di tengah kondisi pasar yang tidak menentu. Dengan kupon yang kompetitif dan permintaan yang tinggi, ST012 menjadi incaran para investor yang mencari keamanan dan stabilitas dalam portofolio mereka.

Diversifikasi Investasi Anda dengan EKUID

ST012 menawarkan peluang investasi yang stabil dan menarik bagi mereka yang mencari keamanan dan imbal hasil yang kompetitif. Namun, diversifikasi tetap menjadi kunci dalam mengelola portofolio investasi Anda. Di sinilah peran penting EKUID, platform securities crowdfunding yang memudahkan investor untuk berinvestasi ke berbagai sektor potensial dan UMKM.

EKUID memberikan peluang investasi dengan return hingga 15% per tahun, menawarkan pilihan yang ideal untuk diversifikasi investasi Anda. Dengan EKUID, Anda tidak hanya mendapatkan peluang untuk berinvestasi di proyek-proyek yang menjanjikan, tetapi juga mendukung pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia.

Yuk Cek Berbagai Proyek Menarik di EKUID

Investasi menguntungkan saat suku bunga tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *