5 Soft Skill Penting yang Harus Disiapkan Fresh Graduate Saat Mencari Kerja

2 min read

soft skill fresh graduate

Soft skill adalah kemampuan yang mempengaruhi seberapa baik seseorang dapat bekerja atau berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan ini memudahkan seseorang dalam membentuk hubungan, mendapatkan kepercayaan, hingga menjadi pemimpin dalam sebuah tim.

Memiliki soft skill yang tepat memberikan nilai tambah bagi fresh graduate di mata para HRD, membantu menciptakan “New Leader” di perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk mengasah soft skill yang sesuai dengan tujuan karir mereka. Apa saja soft skill wajib yang harus dimiliki oleh fresh graduate? Mari kita bahas di sini!


1. Kemampuan Berkomunikasi (Communication Skill)

Salah satu faktor kegagalan dalam bisnis adalah komunikasi yang buruk. Para HRD akan memberikan nilai tambah untuk Anda yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini sering terlihat dari beberapa proses rekrutmen yang memiliki tahapan wawancara atau interview lebih dari satu kali. Kemampuan komunikasi mencakup kemampuan menulis yang baik, berbicara di depan umum, dan mendengarkan secara aktif. Dengan komunikasi yang efektif, Anda bisa menyampaikan ide dengan jelas, menjalin hubungan kerja yang baik, dan menghindari kesalahpahaman.

2. Kemampuan Bekerjasama dalam Tim (Teamwork)

Kemampuan ini membantu seorang fresh graduate mempercepat tercapainya tujuan dalam tim, sehingga mereka cenderung digemari oleh rekan kerja. Kerjasama yang baik menjadikan fresh graduate aset berharga bagi perusahaan dan membantu dalam pertumbuhan dan kesuksesan karir jangka panjang. Dalam tim, Anda akan belajar menghargai pendapat orang lain, bekerja sama untuk menyelesaikan tugas, dan mencapai tujuan bersama.

3. Kemampuan Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Dalam bekerja, akan ada hal-hal tak terduga yang selalu terjadi. Seorang karyawan diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan secara efisien, cepat, dan tepat tanpa menimbulkan masalah baru. Dengan mengasah kemampuan pemecahan masalah, fresh graduate dapat memperkuat fondasi karir mereka dan bersiap menghadapi tantangan nyata di dunia kerja. Kemampuan ini melibatkan analisis situasi, identifikasi solusi, dan implementasi tindakan yang tepat.

4. Kemampuan Berbicara di Depan Umum (Public Speaking)

Kemampuan komunikasi yang baik belum tentu disertai dengan kemampuan berbicara di hadapan banyak orang. Memiliki kemampuan ini akan membantu Anda menyampaikan ide saat rapat kecil hingga memimpin acara di kantor. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk menjadi perwakilan tim dalam presentasi di rapat besar dan membuat lebih banyak orang terpukau dengan kemampuan Anda. Public speaking mengajarkan cara menyampaikan pesan dengan percaya diri, mengatasi rasa gugup, dan menarik perhatian audiens.

5. Kemampuan Beradaptasi (Adaptability)

Peralihan dari mahasiswa ke karyawan menciptakan kebiasaan-kebiasaan baru dan berbeda. Banyak hal baru yang harus dibiasakan oleh seorang karyawan baru. Kemampuan beradaptasi sangat penting untuk menghadapi perubahan lingkungan kerja, tuntutan, dan tantangan di tempat kerja, serta memperluas kesempatan untuk tumbuh secara profesional. Bahkan karyawan berpengalaman pun perlu menguasai kemampuan ini mengingat budaya perusahaan yang berbeda-beda. Adaptability membantu Anda menjadi fleksibel, terbuka terhadap perubahan, dan siap menghadapi situasi baru.

Penutup

Keterampilan-keterampilan di atas adalah beberapa soft skill penting yang dicari oleh pemberi kerja (HRD) dari para kandidat (pencari kerja). Dengan mengembangkan keterampilan ini, fresh graduate dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan dan mengembangkan karir yang diinginkan. Namun, ingat bahwa setiap skill yang Anda miliki harus disertai dengan etos kerja yang baik. Menunjukkan komitmen, dedikasi, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas dengan baik akan meningkatkan reputasi profesional serta membangun fondasi untuk kesuksesan jangka panjang dalam karir.


EKUID adalah platform securities crowdfunding yang mempermudah investor untuk berinvestasi di berbagai sektor potensial dan UMKM yang dapat memberikan return investasi hingga 15%, cocok untuk diversifikasi portofolio Anda. Bergabunglah dengan EKUID dan mulailah membangun masa depan keuangan Anda dengan investasi yang cerdas.

Yuk Cek Berbagai Proyek Menarik di EKUID

Investasi menguntungkan saat suku bunga tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *